SENARAI

SENARAI PRAKATA

Dengan nama Allah yang Pengasih lagi Penyayang

Sesungguhnyalah pujian itu untuk Allah semata, kita memuji, memohon pertolongan dan pengampunan kepada-Nya. Kepada Allah kita berlindung dari segala kejahatan diri kita dan dari perbuatan-perbuatan yang keji.

Orang yang diberi Allah petunjuk tidak seorangpun dapat menyesatkannya dan orang yang disesatkan-Nya tidak ada seorangpun yang dapat memberinya petunjuk.

Kita bersyahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah, Tuhan yang Esa dan tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan kita bersyahadat bahwa Muhammad itu hamba dan rasul-Nya.

Salawat dan salam semoga selalu tercurah dan terlimpah kepada uswah dan teladan seluruh alam, Nabi Muhammad saw, tercurahkan kepada keluarganya yang telah meneladani Rasul dan menjadi teladan bagi orang lain, terlimpahkan kepada para sahabat yang perjalanan hidupnya menjadi teladan bagi para tabiin dan para pengikut tabiin, dan tersampaikan kepada para pengikut mereka yang memperoleh keteladanan dari mereka semua.

Rasul, para sahabat, para tabiin dan salafus saleh telah tiada mendahului kita, saat ini kita tidak dapat lagi meneladani mereka, kita tidak dapat melihat dengan mata kepala perjalanan hidup mereka.

Kepada siapakah lagi kita akan mencari teladan..?

Teladan tersebut akan kita temukan pada diri para ulama, karena mereka adalah pewaris teladan para nabi.

Bagaimana kita akan meneladani mereka..? kita tidak setiap saat bersama, bertemu dan melihat mereka untuk dapat selalu meneladani mereka.

Salah satu sarana untuk meneladani mereka adalah dengan membaca sejarah hidup mereka. Untuk itulah kami “100 Tokoh Kalimantan” karya Abu Nazla Muhammad Muslim Safwan.

“100 Tokoh Kalimantan” ini berisi riwayat kehidupan para ulama Kalimantan yang telah mencurahkan hidupnya untuk ketinggian Islam, buku yang mencatat sejarah perjalanan kehidupan sebagian ulama Kalimantan. Kami berharap semoga lewat weblog ini akan menjadi bahan teladan untuk kita semua. Amin.

Akhirnya, kritik dan tegur sapa membangun sangat kami harapkan untuk kesempurnaan tulisan ini. Semoga kita semua memperoleh manfaat untuk kebaikan kita semua di dunia dan akhirat.

Buku “100 Tokoh Kalimantan” Jilid 1 cetakan pertama pada tahun 2007 sudah kami terbitkan dengan tebal 370 halaman.

Mohon maaf dan keampunan semua mengingat, menimbang dan lain sebagainya memang di weblog ini kami muat tidak semua isi persis dari edisi cetakan pada Buku yang kami terbitkan, namun kami akan berusaha dengan sebaik, semampu dan sebisa bisanya untuk tidak mengurangi apalagi menghilangkan inti sari dari suri tauladan sejarah para tokoh-tokoh / ulama-ulama yang kami maksudkan disini.

Wassalam,

logo_tb_sahabat

Tim “SAHABAT”

Jl. Letjend. Sutoyo, Blok-Damai 11
Kandangan, 71211
Kalimantan Selatan – Indonesia
Telp. +62 517 22013
Iklan