Prakata….

logo_tb_sahabatDengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang memuiiakan ummat ini dengan sifat-sifat yang tinggi, mengaruniai atas sebagian ummat-­Nya dengan dapat memandang segala rahasia-Nya.

Salawat dan salam kita haturkan kepada penghulu ummat dan pemberi syafaat di hari kiamat yaitu junjungan kita Nabi Muhammad SAW. dan atas sekalian orang-orang yang mengikuti jalannya sampai hari kiamat.

Perjalanan sejarah dengan perubahan-perubahan yang berlaku di dalamnya tidak saja berguna untuk mengetahui zaman yang telah lampau, akan tetapi lebih dari itu dapat berguna untuk pedoman dan pelajaran bagi dasar pembangunan baik mental maupun spiritual yang menjadi kewajiban bagi generasi muda sekarang maupun yang akan datang untuk membangun Bangsa Indonesia yang tercinta ini.

CERlTA DATU-DATU TERKENAL KALIMANTAN SELATAN

Tokoh-tokoh (datu-datu) yang telah banyak kita dengar ceritanya dari mulut ke mulut, yang ikut ambil bagian dalam mempertahankan bangsanya dari tangan penjajah, baik yang ikut langsung berperang, ataupun yang tidak.

Kata datu dalam bahasa Indonesia mempunyai banyak arti, seperti yang dituliskan di Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi kedua berikut ini:

  1. Raja atau ratu (sastra).
  2. Penghulu adat, orang yang pandai tentang ramuan-rarnuan (Minang).
  3. Orang yang keramat, orang yang telah meninggal.
  4. Kepala adat.
  5. Orang yang tertua dalam suatu marga.
  6. Gelar kehormatan bagi orang yang dituakan.
  7. Jin atau hantu penunggu suatu tempat
  8. Berhala toapekong.
  9. Harimau (sastra klasik).
  10. Kakek.

Kata datu hanya ada pada tingkatan sosial masyarakat Melayu, baik di Sumatera, Malaysia atau Kalimantan (Banjar) dengan berbagai bentuk, seperti: datuk dan datung. Kata yang sepadan dengan kata datu tidak terdapat dalam bahasa asing. Hal ini menunjukkan bahwa kata tersebut adalah kata khas Melayu. Namun ini tidaklah dapat memberikan penilaian yang tepat dan perlu penelitian lebih lanjut. Dan ini tentunya perlu informasi dari para pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s